Tuesday, September 25th, 2018

Goa Endikat Asset Budaya yg Belum Terjamah

Published on July 3, 2011 by   ·   1 Comment

Goa Indikat Belum “Terjamah”
Masih banyak kekayaan alam di Bumi Besemah yang belum terjamah dan digali potensi alamnya.
penemuan goa disekitar aliran Sungai Indikat ini terjadi pada Desember 2004 lalu. Bentuk dan tekstur goa indikat ini, bebatuan alam cadas dengan ketinggian sekitar 20 m bila dilihat dari depan dan masih dipenuhi semak belukar. Sementara ketinggian pintu masuk goa sekitar 2 m dan lebar permukaan pintu sekitar 1,5 m.

Didalam goa ini terdapat beberapa tingkatan dengan ketinggian sekitar 6 m, dan kedalaman 6 m. Namun dikarenakan keberadaanya sulit dijangkau oleh warga setempat, sehingga lambat laun goa ini terbengkalai. Diduga keberadaan goa tersebut masih tersimpan misteri.

Keberadaan goa yang disebut warga setempat goa indikat di kawasan Talang Kubangan, Dusun Kance Diwe, Kecamatan Dempo Selatan yang berada diatas aliran sungai indikat saat ini belum terjamah

“Penemuan goa ini dilakukan tidak sengaja, ketika kami sedang menggarap kebun. Dimana terlihat sebuah batu besar pada dinding perbukitan sekitar aliran sungai ini. Setelah diamati dan dilakukan penggalian, ternyata batu tersebut memiliki pintu, dan berbentuk goa.

apabila memasuki goa tersebut, hanya bisa ditempuh dengan jarak 8 m, dan selanjutnya tidak bisa ditempuh lagi atau sangat sulit dijangkau. Namun bila dilihat dengan kasat mata, dinding goa terlihat mengkilap bersih dan berbentuk tingkatan. Didalam goa juga banyak bersarang kekelawar.

“Kita belum bisa menelusuri lebih jauh keberadaan goa ini. Hanya bisa sampai dengan jarak sekitar 8 m saja. Dikarenakan apabila ingin masuk lebih jauh, haruslah merayap terlebih dahulu, dan dibutuhkan peralatan yang memadai seperti senter sebagai pengcahayaan. Selain itu didalam goa ini juga bersarang kekelawar. Sehingga untuk penelusuran lebih jauh belum bisa dilakukan

Camat Dempo Selatan Rahmad Madroh SSos melalui Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Yose Rizal didampingi Lurah Kance Diwe Zulkifli BSc mengungkapkan, pihaknya membenarkan adanya penemuan goa yang berada disekitar aliran Sungai Indikat di daerah Talang Kubangan, Dusun Bandar Jaya tersebut.

“Sudah kita tinjau langsung keberadan goa tersebut. Memang jarak tempuh ke lokasi goa ini cukup jauh, dengan menelusuri dari perbukitan dan kecuraman jurang cukup terjal. Namun keberadaan goa ini perlunya digali dan dikembang lagi. Karena penemuan ini merupakan salah satu asset daerah yang patut dikembangkan, dan masih belum terjamah keberadaanya,” ujarnya.

Jarak dari pusat Kota Pagaralam menuju kawasan Talang Kubangan, Dusun Bandar Jaya ditempuh sekitar 25 Km, dengan waktu 45 menit. Sementara untuk ke lokasi goa indikat dari dusun tersebut cukup ditempuh dengan waktu sekitar 90 menit, menelusuri jalan setapak perbukitan, dan medan yang terjal

sumber :
http://www.pagaralam.go.id/kominfo/index.php?option=com_content&view=article&id=25:goa-indikat-belum-qterjamahq&catid=2:berita-daerah&Itemid=2

Tags:

Readers Comments (1)

  1. boga setiawan says:

    ini sangat menarik dan sangat berharga,, tolong ditingkatkan lagi penelitianya lebih lanjut pak,, agar bisa memberi wawasan yang mendalam terhadap peninggalan tanah kelahiran kami ini dan juga bisa memberikan pelajaran yang berharga kepada generasi muda yang akan datang.




Tanggalan

July 2011
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Baca Berita Lainnya

Alamat Redaksi

Office : Jl.H.M.Aman No.1 Grogol Limo Depok 16512
Telp. 021.2742 9191, 9403 9191
SMS .0856 902 9191
Hotline . 0812 8420 9191
E-mail. admin@besemah.com
Technical Support
Admin

Sponsor Utama Besemah.com

bace bae ye lain